Ruang Download Gratis

Berbagi software, e-book, dan mp3 gratis

The Lost Symbol

the lost symbol

The Lost Symbol adalah novel kelima dari penulis best seller Dan Brown, merupakan sekuel dari karya sebelumnya, Angels and Demons, dan The Da Vinci Code yang menghebohkan itu. Well, benernya kalo dibilang sekuel, tidak terlalu tepat juga, karena ceritanya tidak terkait dengan kedua novel diatas. Yang sama hanya tokoh sentralnya, yakni Profesor Robert Langdon.

Seperti biasa, Dan Brown menyertakan keterangan tentang keaslian sumber-sumber dan setting-nya, “…all organizations in this novel exist, including the Freemasons, the Invisible College, the Office of Security, the SMSC, and the Institute of Noetic Sciences. All rituals, science, artwork, and monuments in this novel are real…

Dan Brown tampak suka mengadopsi teori-teori non mainstream, sebagai dasar cerita buku-bukunya. Pada Da Vinci Code, dia mengutip teori kontroversial tentang sejarah gereja. Untuk Lost Symbol, dia mengutip noetic sciences.

Banyak ilmuwan terpandang, termasuk pemenang Nobel Fisika Brian Josephson mengakui, penelitian di bidang noetic telah sesuai dengan kaidah ilmiah paling ketat. Hasil-hasil penelitian noetic sciences, harus diakui sebagai fakta ilmiah. Meskipun begitu, sejauh ini, noetic belum dianggap sebagai bagian dari arus utama ilmu pengetahuan alam.

Institute of Noetic Sciences didirikan tahun 1973, oleh mantan antariksawan Edgar Mitchell. Mitchell adalah orang keenam yang menginjakkan kaki di bulan. Saat melihat bumi dari ruang angkasa, Mitchell mengaku mengalami semacam pencerahan. Dia merasa, kesadaran manusia hadir di bumi bukan sebagai kebetulan. Mitchell yakin, ada kekuatan tersembunyi dalam kesadaran.

Noetic sendiri berasal dari kata Yunani nous, yang berarti pikiran. Institut Noetic didedikasikan untuk meneliti kekuatan kesadaran manusia. Bidang penelitian noetic sciences, masuk dalam cabang ilmu parapsikologi (walau istilah parapsikologi tidak disebut-sebut dalam Lost Symbol).

Anehnya, tafsir Brown tentang noetic, tampak agak beda dengan pandangan para ilmuwan noetic sendiri. Baik dalam istilah, maupun dalam konsep dasar.

Misalnya, Lost Symbol sempat menyebut proyek Stargate. Memang, badan intelijen Amerika Serikat, CIA, pernah melaksanakan proyek ESP (ExtraSensory Perception, alias indra ke enam) dengan kode Stargate. Dalam proyek itu, cenayang (orang dengan kemampuan paranormal) CIA terbukti berhasil menerapkan remote viewing (pengindraan jarak jauh) terhadap beberapa instalasi strategis di Uni Soviet (kala itu).

Brown menyamakan remote viewing dengan Out of Body Experience (OBE). Padahal di kalangan ilmuwan parapsikologi, remote viewing dibedakan dari OBE. Dalam remote viewing, sang cenayang mampu melihat objek, di tempat jauh, dengan tetap berada didalam tubuh fisiknya sendiri. Sementara pada OBE, sang cenayang merasa inti kesadarannya (bisa dianggap sebagai jiwa) berada diluar tubuh fisiknya.

Dalam Lost Symbol, Brown bercerita, untuk bisa melaksanakan percobaan-percobaan di bidang noetic, laboratorium milik Katherine Solomon diletakkan di tempat terpencil. Antara lain, agar terisolasi dalam ruang.

Dilain pihak, para peneliti parapsikologi telah sampai pada kesimpulan, transfer informasi yang terjadi pada para cenayang, seperti dalam telepati (pertukaran informasi antar pikiran), tidak terpengaruh oleh jarak. Juga tidak bisa diisolasi, dengan bahan apapun yang sudah dikenal.

Juga diceritakan, Katherine Solomon menghasilkan terobosan di bidang noetic, dengan menemukan berat ‘jiwa’ manusia. Katherine menghasilkan temuan itu, setelah menempatkan pasien menjelang ajal, diatas timbangan super sensitif. Pada detik pasien itu meninggal dunia, berat pasien tampak berkurang. Selisih berat itu, dianggap sebagai berat jiwa yang meninggalkan tubuh.

Di dunia parapsikologi, ide mengukur berat ‘jiwa’, sebetulnya sama sekali bukan ide baru. Ide awal tentang itu, setidaknya telah dimulai tahun 1600-an oleh dokter Italia bernama Sanctorius. Lalu di tahun 1901, dokter bedah Amerika Duncan Macdougall mengaku mencatat selisih berat manusia, saat hidup dan saat mati, sebesar 21 gram (yang kemudian jadi inspirasi film Hollywood 21 Grams…). Tapi, hasil Macdougall tidak pernah diakui kalangan ilmiah, karena tata cara pengukurannya meragukan, dan hasilnya tidak pernah bisa diulang.

Sejumlah peneliti serius di bidang ini menyebutkan, bisa saja pengurangan massa (berat) itu sangat kecil. Itu berarti, para peneliti harus menggunakan alat ukur yang sepenuhnya mengisolasi tubuh manusia dari pertukaran energi dalam bentuk apapun (karena massa setara dengan energi). Yang jelas, itu tidak bisa dilaksanakan dengan timbangan sederhana, seperti yang dilakukan oleh Katherine Solomon.

Selain itu, ide mengukur berat jiwa sebenarnya bertentangan dengan asumsi dasar noetic, atau asumsi dasar parapsikologi modern. Para peneliti parapsikologi berpandangan, kesadaran (jiwa) bukanlah besaran fisik. Alam fisik semata, tidak bisa mewadahi aneka fenomena kesadaran. Konsep materialisme, bahwa segala hal terbentuk dari benda fisik, tidak bisa diterima.

Contohnya, materialisme tidak bisa menjelaskan peristiwa OBE. Karena OBE menunjukkan, kesadaran manusia bisa tetap ada, terlepas dari otak, terlepas dari tubuh fisik. Tubuh fisik, bukanlah syarat mutlak hadirnya kesadaran. Kesadaran, tampak lebih perkasa daripada materi. Mind over matter.

Lost Symbol juga menceritakan, anggota Freemasonry siap mengorbankan segalanya, demi melindungi sebuah rahasia maha penting. Suatu ancient mysteries.

Seperti apa ceritanya? Mending baca sendiri aja langsung hehe… Jangan khawatir, sekilas cerita tentang noetic diatas, tidak akan mengganggu kejutan-kejutan untuk Anda.

Referensi : klub buku film SCTV

Download e-book The Lost Symbol (English) disini

Tertarik membeli bukunya? Klik gambar di bawah

Masukkan Code ini K1-BYF52D-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Posting Terkait :

Dapatkan e-book lainnya disini

Filed under: e-book, novel (eng), , , , , , , , ,

3 Responses

  1. Link Ebook | SUJIYAT mengatakan:

    […] Lost Symbol (oleh Dan Brown) [resensi] [download] – […]

  2. wahyu nurudin mengatakan:

    yang bashasa indonesia ada gak?

  3. Ebook « copy p@ste mengatakan:

    […] Lost Symbol (oleh Dan Brown) [resensi] [download] – […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip bulanan

Kategori

Follow Me

Powered by FeedBurner

Belanja Buku


Masukkan Code ini K1-BYF52D-A
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Free, Unlimited File Hosting

ziddu

SEO

Blogosphere

Komunitas

Banner Sahabat

%d blogger menyukai ini: